Thursday, September 17, 2015

Vote for a Leader Pendaki Laka-laka (PL)


Pendaki Laka-laka (PL) adalah suatu komunitas pendaki gunung yang berada di wilayah Kota Tegal dan sekitarnya. Komunitas Pendaki Laka-laka secara resmi didirikan di Gunung Semeru pada Hari Minggu (25/5/2014) berdasarkan Deklarasi Semeru yang dihadiri oleh sekitar 23 orang pendaki. Dua puluh tiga Pendaki ini bersama sama melakukan pendakian pada tanggal 23 s/d 27 Mei 2014 star point dari Kota Tegal. Pada tanggal yang sama (25/5/2014) Pendakian dengan menggunakan nama yang sama ; “Pendaki Laka-laka” turut mensupport deklarasi dari Puncak Gunung Sumbing.

Awalnya kami bukanlah sebuah organisasi formal yang lengkap dengan struktur keanggotaan. Kami hanya sebuah komunitas sebagai ajang komunikasi antar pendaki, khususnya area Tegal. Namun pada satu tahun terakhir ini, berdasarkan kesepakatan bersama kami akhirnya membentuk sebuah strukturisasi kepengurusan komunitas Pendaki Laka-laka (PL). Adapun tujuannya adalah sebagai ajang silaturahmi sesama Pencinta Alam khususnya para Pendaki Gunung Regional Tegal dan sekitarnya. Selain itu diharapkan dengan terbentuknya komunitas Pendaki Tegal ini yaitu adanya peningkatan kecintaan terhadap alam dan pelesatariannya khususnya bagi semua member Pendaki Laka-laka (PL).

Bersama makin beragamnya kegiatan komunitas dan makin bertambahnya antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan dari beragam karakter yang berbeda, maka dibutuhkan manajemen organisasi yang tepat agar organisasi bisa menjalankan visi serta misinya. Setelah mencapai kesepakatan dibentuknya strukturisasi kepengurusan komunitas, kamipun menyiapkan persiapan menuju musyawarah strukturisasi kepengurusan Pendaki Laka-laka.


Pada Sabtu (12/9/2015) tepatnya ba'da maghrib bertempat di Basecamp PL (Jl. Kaligung No. 29 Tegal) 19 anggota berkumpul dengan harapan penuh membangun komunitas tercinta ini lebih kokoh. Tiga kandidat sebagai ketua umum pun sudah ditunjuk jauh sebelum hari H, diantaranya adalah ;
1. Syamsul Arifin (Syamsul)
2. Rizqi Aminudin (Rizqi)
3. Indra Wiratama (Indra)

Ketiga kandidat ini bukanlah orang lawas dalam hal pendakian atau kegiatan outdoor. Tapi bukan tentang seberapa banyak pengalaman atau lebih dini mencicipi asam garam dalam pendakian. Melainkan sebuah komitmen utuh bersama-sama membangun sebuah komunitas dan mengembangkan generasi penerus. Karena bukan tentang siapa yang lebih ahli, bukan tentang siapa yang lebih mumpuni, juga bukan tentang siapa yang lebih berpengalaman apalagi tentang berapa banyak gunung yang pernah didaki. Beginilah cara sesepuh PL itu sendiri dalam mengembangkan dan menggerakkan generasi muda dalam komunitas.


Adapun Visi dan Misinya, sebagai berikut;

Visi :
Menjalin tali silaturahmi khususnya pendaki gunung Regional Tegal dalam berkegiatan di alam bebas maupun dalam pelestarian lingkungan hidup.

Misi :
-Menumbuhkan rasa iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
-Mempersiapkan jiwa  yang intelektual, kreatif serta tangguh dalam mengembangkan kegiatan di alam bebas maupun pelestarian lingkungan hidup melalui kegiatan rutin dilapangan ataupun non lapangan.
-Menjadi mitra pemerintah atau swasta dalam usaha atau kegiatan di bidang mountaineering, pelestarian lingkungan hidup, maupun sosial.


Berdasarkan vote, diperoleh hasil sebagai berikut ;
1. Syamsul Arifin : 6 suara
2. Rizqi Aminudin : 3 suara
3. Indra Wiratama : 10 suara


Berdasarkan hasil perolehan suara terbanyak, maka ditetapkan -Indra Wiratama- sebagai ketua umum Pendaki Laka-laka periode 2015/2016.


Setelah itu, berdasar kesepakatan bersama, kami membentuk struktur kepengurusan, meliputi sekretaris, bendahara, dan divisi-divisi.


Ketua : Indra Wiratama
Sekretaris : Oktaviani Ferla Ayunda
Wakil Sekretaris : Nur Mumtahana
Bendahara : Syamsul Arifin
Wakil Bendahara : Agung Khafabih
Divisi-divisi :


- Divisi Pengembangan Organisasi dan Hubungan Masyarakat :
1. Rizqi Aminudin
2. M. Iqbal


- Divisi Logistik :
1. Budi Ismanto
2. Zulfikar Maulana
3. M. Nazir
4. Siti Mulyati

- Divisi Kerohanian :
1. Abdurrahman
2. Musyafa

- Divisi Komunikasi dan Informasi :
1. WW. Aribowo
2. Meutia Bintan S

- Divisi Umum :
1. Dyastuti Dwi CF
2. Sary Wulan K
3. Klang Salim
4. M. Farid
5. Darsono

Semoga dengan terbentuknya struktur kepengurusan, keluarga besar Pendaki Laka-laka bisa menjalankan amanah secara baik sesuai dengan visi dan misinya.

Terimakasih kami ucapkan kepada teman-teman atas kerjasama yang amat luar biasa selama ini. Kokohkan tali, mari bersama mewujudkan sebuah komunitas yang laka-laka.


Salam lestari,

Salim paseduluran!

No comments:

Post a Comment