Friday, May 20, 2016

Fungsi dan Kegunaan Tali Paracord


Kaum pendaki atau biasa disebut dengan mountaineer sering kali memakai asesoris outdoor sebagai gaya hidup mereka. Salah satunya adalah gelang yang terbuat dari tali atau rope yang dianyam sedemikian rupa sehingga bentuknya dan kombinasi motif warnanya sangat menarik. Tetapi terkadang kita tidak mengetahui fungsi dan kegunaan dari gelang yang kita pakai itu sendiri untuk apa.

Paracord berasal dari istilah Parachute Cord yang pada mulanya wajib dan biasa digunakan oleh tentara US ketika perang Perang Dunia II. Tali ini juga yang digunakan sebagai tali parasut dikala perang waktu itu. Tali ini oleh mereka juga berguna kebutuhan bertahan hidup saat bertugas di lapangan/ perang.

Tali paracord memeliki kelebihan selain sangat kuat, paracord juga elastis dan bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan yang membutuhkan tali-temali, seperti mengikat tenda, memasang jerat dan jebakan, tali sepatu, sling senapan. Bahkan untaian talinya inner strand bisa diurai lagi menjadi 7 inti tali.

Dalam kondisi darurat 7 inti tali ini bisa diurai lagi menjadi tali yang kecil dan halus dan bisa kita gunakan untuk memancing.Tentara USA biasa membuat tali Paracord tersebut menjadi sebuah Gelang Survival, atau dengan nama lain Paracord Survival Bracelet.

Gelang ini jika diuntai anyamannya bisa sepanjang 2 hingga 5 meter tergantung type anyaman serta linggar pergelangan tangan yang memakainnya. Dan jika kita benar-benar paham fungsinya tali ini benar-benar bisa gunakan untuk kondisi darurat bahkan untuk bertahan hidup saat kita membutuhkannya.

Berikut adalah beberapa manfaat dari tali paracord :
1.    Untuk ikatan tenda
2.    Sebagai tali sepatu
3.    mengikat bawaan di tas carrier atau daypack
4.    Sebagai ikat pinggang
5.    membuat perangkap berburu
6.    Mengikat hasil tangkapan/ buruan
7.    Menghentikan aliran darah saat luka

Selain itu tali ini juga bisa digunakan sebagai asesoris yang menarik saat kita gunakan, khususnya kaum pencinta kegiatan alam bebas. Kita bisa menggunakan paracord DIY untuk membuat anyaman asesoris tadi.

 Berikut adalah beberapa fungsi tali paracord sebagai asesoris
1.    Gelang
2.    Kalung
3.    Gantungan kunci
4.    Tali jam tangan
5.    Layard
6.    Pembungkus gagang pisau atau botol minuman biar tidak licin atau panas

Berikut adalah contoh asesoris berbahan tali paracord







Writter  : Alas Perdu
Photos : Alas Perdu, Google 

No comments:

Post a Comment